Menu
Break Point Analysis

Manfaat Omega-3 Pada Ikan Untuk Kesehatan jantung

Apabila Anda betul-betul menginginkan jantung Anda tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari resiko Penyakit Jantung, maka salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengkonsumsi 1-2 ekor ikan yang mengandung Omega-3.


Kandugan asam lemak omega-3 adalah sejenis asam lemak tak jenuh yang dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Sedangkan peradangan dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung.

American Heart Association membagikan informasi kalau mengkonsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3 minimal dua kali seminggu bisa membantu mengurangi resiko kematian dari penyakit jantung.

Sebagian orang malas mengkonsumsi ikan karena merasa khawatir terhadap kandungan merkuri atau kontaminan yang ada dalam ikan. Sebenarnya kekhawatiran ini tidak beralasan, sebab manfaat mengkonsumsi ikan terhadap kesehatan Jantung jauh lebih besar daripada resiko yang mungkin di dapatkan dari paparan kontaminan.

Selain bermanfaat bagi kesehatan Jantung, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan juga dapat menurunkan trigliserida, menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, menurunkan resiko stroke, dan pada anak-anak dapat meningkatkan kemampuan belajar.

3 Jenis Ikan yang Banyak Mengandung Omega-3
Ada beberapa jenis-jenis ikan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena banyak mengandung Omega-3. Jenis-jenis ikan tersebut adalah:
1.Ikan Tuna Albacore
Ikan Tuna Albacore biasanya ditangkap dengan ‘troll’ di wilayah Amerika Serikat dan British Columbia. Ikan ini memiliki kandungan Omega-3 yang sangat tinggi dengan kandungan merkuri dan kontaminan yang rendah. Tidak heran jika ikan ini sering dibuat sebagai makanan kaleng.
2.Ikan Salmon
Ikan Salmon banyak terdapat di Alaska. Ikan ini mengandung sekitar 1.250 mg omega-3 dalam per porsi 2 ons dan hanya sedikit mengandung kontaminan.
3. Ikan Sarden
Ikan Sarden banyak terdapat di daerah Pasifik. Ikan ini memiliki kandugan Omega-3 sebanyak 1.950 mg per porsi 3 ons. Kandungan Omega-3 pada ikan ini jauh lebih besar dibandingkan Ikan Tuna, Ikan Salmon, dan makanan lainnya.

Berapa Porsi Ikan yang Harus Anda Makan?
Untuk orang dewasa sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya dua porsi ikan yang kaya akan Omega-3. Adapun anak-anak dan wanita hamil dianjurkan untuk membatasi jumlah ikan yang mereka konsumsi karena kondisi mereka paling rentan terhadap efek potensial racun dalam ikan tersebut.