Menu
Break Point Analysis

AC Mobil Anda Panas Pada Siang Hari? Cari Tahu Penyebabnya Disini!

Terkadang anda pun akan merasa kebingungan ketika mengalami ac mobil tidak dingin pada siang hari, akan tetapi ketika malam mengalami dingin. Hal ini tentu saja akan membuat anda pun menjadi bertanya tanya tentang apa yang salah mengenai hal tersebut. Untuk itu, di dalam ulasan kali ini pun akan diulas mengapa AC menjadi sangat panas ketika siang hari dan menjadi dingin ketika malam telah tiba. Anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.


Hal Yang Menyebabkan AC Mobil Pada Siang Hari Menjadi Panas
1. Perbedaan Suhu Pada Luar Ruangan
Ketika anda mengalami hal satu ini, maka pastinya anda pun akan merasa kebingungan. Pasalnya AC tersebut nampak berfungsi baik di malam hari, akan tetapi anda pun menjadi kepanasan di siang hari. Hal ini seolah olah membuat anda tidak mampu untuk meredam panasnya suhu yang ada di luar kabin. Begitu pula yang terjadi ketika sedang macet di siang hari. Mendadak AC pun menjadi tidak dapat berfungi dengan baik.

AC mobil tidak dingin tersebut bisa terjadi dikarenakan temperatur suhu yang ada di dalam kabin saat AC dinyalakan. Untuk itu, anda pun perlu mengecek temperaturnya terlebih dahulu sebelum membawanya ke bengkel mobil. Perbedaan suhu yang terjadi di dalam dan luar mobil ini pun berkisar antara 10 derajat celcius. Sehingga ketika suhu di luar berkisar 30 derajat, maka anda pun perlu untuk membuat suhu di dalam kabin pada kisaran 18 hingga 20 derajat celcius.

2. Extra Fan Yang Tidak Berputar Secara Maksimal
Selain itu hal lain yang bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin pada siang hari adalah terdapat pada komponennya. Dimana ketika anda telah mengecek suhu di dalam dan di luar mobil, maka anda pun perlu untuk mengecek komponen yang terdapat di dalam mobil. Dimana yang biasanya terjadi adalah extra fan tidak berputar secara maksimal. Putaran dari extra fan yang telah melemah ini pun akan membuat proses kondensasi di dalam kondenser akan menjadi kurang maksimal.

Sehingga hal tersebut nantinya akan bisa untuk menyebabkan tekanan pada freon menjadi tinggi. Anda pun tak boleh untuk membiarkan hal ini terjadi secara terus menerus, sehingga anda pun perlu untuk membawanya ke tempat service ac mobil langganan anda. Hal ini karena semakin lama akan bisa membuat freon menjadi terbuang sedikit demi sedikit melalui sambungan pipa yang tidak kuat menahan tekanan freon tersebut.

3. Kotornya Evaporator
Hal ini juga telah menjadi masalah umum yang sering terjadi ketika AC menjadi panas. Ketika kondisi evaporator kotor, maka hal tersebut akan bisa untuk anda rasakan melalui angin AC yang kecil meskipun anda telah menyetelnya ke posisi yang maksimal. Kotornya evaporator ini biasanya disebabkan oleh kotoran dan debu yang masuk melalui filter yang terdapat pada AC.

Untuk itu, ketika anda melihat filter AC anda dalam keadaan kotor maka tak menutup kemungkinan bahwa yang menyebabkan AC anda menjadi panas ketika siang hari adalah evaporator yang sudah kotor. Jika hal ini terjadi, maka anda pun bisa membawanya menuju service AC mobil untuk membersihkan evaporatornya tersebut. Hal ini tentu saja akan menjadi solusi agar AC anda dapat menjadi normal kembali.

Sehingga ketika AC anda telah kembali pada kondisi normal, anda pun tak perlu lagi mengalami kepanasan meskipun di siang hari. Pasalnya rasa panas tersebut akan sangat menyebalkan ketika anda sedang berada dalam kondisi macet dan mobil tidak bergerak sedikitpun. Untuk itu, anda pun perlu untuk mengecek kondisi dari AC anda secara rutin untuk menghindari hal hal yang menyebabkan AC menjadi tidak dingin.