Menu
Break Point Analysis

5 Tips Tetap Aman Saat Menunggu Kedatangan Kereta di Stasiun

Kereta api kini sudah menjadi pilihan transportasi yang digemari banyak orang. Bahkan dari data yang didapat, jumlah penumpang kereta setiap bulan sudah memasuki angka tiga puluh ribuan. Karena banyaknya orang yang menggunakan jasa tersebut, maka anda harus selalu waspada saat menaiki alat transportasi satu ini. Misalnya setelah membeli Tiket kereta kutoarjo jakarta atau lainnya dan menunggu di stasiun, berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar tetap aman.

 

Tips Menjaga Keselamatan Diri Saat Berada di Stasiun
1. Waspada Terhadap Orang Asing
Menunggu jam keberangkatan kereta di stasiun memang terkadang membosankan, apalagi jika anda bepergian sendiri. Biasanya kemudian obrolan dengan penumpang lain pun terjadi, agar dapat membunuh rasa bosan. Namun, anda tetap perlu waspada dan berhati-hati terhadap orang asing. Karena anda tidak tahu niat orang lain itu seperti apa. Pastikan barang bawaan anda terletak di tempat yang mudah dijangkau. Jangan letakkan barang menghadap orang asing.


Jika perlu, gendong tas anda di depan tubuh agar lebih aman. Simpan barang-barang penting seperti ponsel, dompet, tiket kereta Kutoarjo Jakarta anda, serta dokumen penting lainnya di tempat yang aman. Sebaiknya anda juga tidak memberi tahu informasi pribadi secara detail, seperti tempat tinggal maupun informasi kontak. Serta hindari kontak fisik karena beberapa kasus hipnotis sering terjadi dari sentuhan.


2. Tetap Bersama Teman-Teman
Berlibur bersama teman tentu sangat mengasyikkan. Sepanjang perjalanan anda dapat mengobrol atau bermain game bersama. Kehadiran teman pun juga bisa lebih menjaga keamanan anda saat menunggu di stasiun kereta api. Saat menunggu, pastikan untuk tidak berpencar atau pergi terlalu jauh. Anda pun juga bisa bergantian menjaga barang jika salah satu harus pergi ke toilet. Anda dan teman anda bisa saling membantu serta menjaga satu sama lain.


3. Kurangi Penggunaan Perhiasan yang Mencolok
Kejahatan dapat terjadi di manapun dan kapanpun apabila ada kesempatan. Untuk meminimalisir kesempatan tersebut, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan. Seperti menghindari penampilan yang mencolok. Ada baiknya apabila anda tidak mengenakan banyak perhiasan yang dapat menarik perhatian. Setelah membeli tiket kereta Kutoarjo Jakarta ataupun tujuan lain, tunggulah kereta dengan tenang dan nyaman tanpa dandanan yang heboh dan mencolok.

4. Titipkan Barang di Loker Stasiun
Jika anda masih memiliki banyak waktu sebelum jam keberangkatan, maka anda dapat memanfaatkan momen tersebut untuk mengunjungi tempat wisata di sekitar stasiun. Namun, tentu akan sangat repot jika harus berkeliling membawa banyak barang. Selain itu, anda juga dapat menarik perhatian orang-orang yang mungkin berniat jahat. Maka solusinya adalah anda dapat menitipkan barang-barang anda di loker yang ada di stasiun.


Beberapa stasiun memiliki pusat penyewaan loker yang dapat anda manfaatkan. Biasanya loker tersebut disewakan perjam dengan beragam ukuran loker yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Setelah beres menitipkan barang bawaan, maka anda dapat berjalan-jalan dengan tenang dan aman. Jika tidak tahu cara penggunaan atau cara penyewaan loker, anda dapat bertanya langsung kepada petugas yang ada di stasiun. 


5. Manfaatkan Co-working Space untuk Kerja
Jika telah memesan tiket kereta Kutoarjo Jakarta atau tujuan lain, dan masih memiliki banyak waktu sebelum keberangkatan. Maka anda dapat membunuh waktu dengan cara menyicil tugas atau pekerjaan yang tertunda. Tapi jangan asal mengeluarkan laptop di sembarang tempat. Beberapa stasiun besar kini hadir dengan co-working space yang dapat anda gunakan secara gratis. Sehingga anda bisa mengerjakan tugas dengan nyaman sembari menunggu kereta.


Itulah beberapa tips agar tetap aman yang bisa anda terapkan selama menunggu kedatangan kereta. Selama di tempat umum yang banyak di datangi orang, anda memang harus selalu waspada. Terlebih jika anda bepergian sendiri tanpa teman atau keluarga. Karena banyak sekali orang-orang yang mungkin berniat jahat berada di tempat tersebut.